Kamis, 05 Mei 2016

Matahari Dalam Al-Qur’an & Sains

Matahari dalam Bahasa Arab adalah الشمس. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia matahari diartikan sebagai suatu benda angkasa yang menjadi pusat tata surya yang berisi gas dan mendatangkan terang dan panas pada bumi saat siang hari. Matahari  sebagai pusat tata surya, Matahari juga merupakan sumber energi untuk kehidupan yang berkelanjutan. Nicolaus Copernicus adalah orang pertama yang mengemukakan teori bahwa Matahari adalah pusat peredaran tata surya pada abad 16. Teori ini kemudian dibuktikan oleh Galileo Galilei dan pengamat angkasa lainnya. Teori yang kemudian dikenal dengan nama heliosentrisme ini mematahkan teori geosentrisme (bumi sebagai pusat tata surya) yang dikemukakan oleh Ptolemeus.
           Bentuk dari matahari itu sendiri bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km, kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya (sekitar 2×1030 kilogram, 330.000 kali massa Bumi).
Adapun ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan penjelasan diatas yaitu:
1.   Surat al-Furqān ayat 61

"Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya (Al-Furqan : 61)"
2.   Surat Asy-Syams ayat 1-2.

"Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya (Asy-Ayams :1-2)"


Beberapa ayat di atas memunculkan jawaban bahwa pengertian yang sifatnya sains di atas adalah benar yang sudah tercantum di dalam al-Qur’an. Dapat ditarik kesimpulan bahwa matahari adalah suatu benda yang berada di angkasa yang menjadi pusat tatat surya dan bisa menghasilkan panas. Pengertian ini sesuai dengan ayat - ayat Al-Qur'an diatas.






Referensi :

4 komentar:

  1. Ternyata hal ini sudah diungkapkan sdh sejak lama al-Quran. Mantap

    BalasHapus
  2. Ternyata hal ini sudah diungkapkan sdh sejak lama al-Quran. Mantap

    BalasHapus
  3. Pusat tata surya, Subhanallah

    BalasHapus
  4. dan itu juga sudah dibuktikan oleh ilmuwan bahwa matahari sebagai pusat tata surya ..

    BalasHapus